Tahu Takwa: Tahu Kuning Kenyal Siap Makan

Apakah persamaan antara Sumedang dan Kediri? Ya! Tahu. Makanan yang berbahan dasar kedelai itu bukan hanya terkenal dari Sumedang, melainkan menjadi masterpiece juga di Kota Kediri. Rasa-rasanya tidak ada orang yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Makanan berbentuk kotak pipih dengan tekstur lembut ini merupakan salah satu favorit karena kemudahan dalam pengolahannya.

Tahu kuning yang menjadi oleh-oleh wajib ketika mengunjungi Kota Kediri ini terkenal dengan sebutan Tahu Takwa. Perbedaan yang mencolok antara tahu takwa dengan tahu-tahu lainnya bisa dilihat dari teksturnya yang kenyal dan padat, tapi lembut. Rasanya gurih, dan tidak berbau asam atau bau tidak enak lainnya.

Yang unik, biasanya tahu takwa ini langsung dimakan begitu saja tanpa harus diolah terlebih dahulu, karena dalam pembuatannya telah dimasak dengan campuran air, larutan garam, dan tumbukan kunyit yang membuat tahu menjadi berwarna kuning. Selain tidak menggunakan bahan pewarna buatan, tahu takwa pun tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga rata-rata hanya kuat sampai 24 jam di udara terbuka, tetapi jika dimasukan ke dalam mesin pendingin, bisa kuat sampai 7 hari.

Jika ada yang merasa aneh kalau harus memakan tahu takwa secara mentahan, jangan khawatir, karena dengan digoreng pun tidak akan merusak cita rasa dari tahu tersebut, bahkan jika digoreng maka bagian luar tahu akan menjadi kering dan renyah, sedangkan bagian dalamnya tetap halus dan lembut.

Untuk masalah harga, tak perlu cemas, karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Rata-rata per satu tahu dihargai sebesar 1700 sampai 2500 rupiah, dan pembeli bebas membeli jumlah tahu, mau satu biji, atau pun satu besek (isi 10 tahu) dibebaskan tanpa batas minimal. Selamat menikmati tahu takwa dengan cara menikmati sesuai selera anda!

24/8/2011

photos by:  Haris Sunarmo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s